Surat dan Daftar Riwayat Hidup (Curriculum Vitae)
1. A.
Arti dan fungsi Surat
Menurut KBBI “surat” adalah kertas dsb yang bertulis
(dengan berbagai maksud), Secarik tanda atau keterangan dengan tanda atau
keterangan; kartu, sesuatu yang tertulis; ditulis; tulisan.
Sedangkan menurut istilah, surat
memliki arti dan bentuk yang lebih luas,Surat secara umum digolongkan menjadi
tiga yaitu surat pribadi, surat dinas, dan surat niaga jika ditinjau dari segi
bentuk, isi, dan bahasanya. Sedangkan apabila digolongkan berdasarkan
berdasarkan pemakaiannya dapat dibagi menjadi tiga yaitu surat pribadi, surat
resmi, dan surat dinas.
Di zaman dahulu, surat – menyurat
adalah hal yang eksklusif dan tak dapat digunakan oleh semua orang. Biasanya
surat menyurat digunakan untuk mengirim dokumen dokumen penting kenegaraan.
Seiring berkembangnya teknologi, manusia mulai dapat membangun sistem pos,
disiniah fungsi surat makin meluas, surat menyurat dapat digunakan untuk
kebutuhan korespondensi bisnis para pengusaha dan kebutuhan korespondensi
pribadi, seperti bertukar pesan penting atau kabar pada keluarga atau kenalan
yang bertempat tinggal jauh dari kita. Dewasa ini, korespondensi dapat
dilakukan dalam jarak yang jauh dan relatif singkat. Apalagi dengan
berkembangnya teknologi internet yang memunculkan banyak kemudahan dalam
berkomuniksi, seperti surat elektronik (email), Short Message Service (SMS)
dan aplikasi perpesanan popular lainnya seperti Whattsapp dan BlackBerry
Message (BBM) yang selain dapat mengirim pesan secara cepat dan dengan
biaya yang jauh lebih murah.
B.
Syarat Surat Yang Baik
1. Ada beberapa syarat dan ketentuan dalam
menulis surat yang baik dan benar agar pokok masalah yang ingin disampaikan
dapat dipahami dengan jelas, diantaranya:
2. Menetapkan lebih dahulu maksud surat
yaitu pokok pembicaraan yang ingin disampaikan kepada penerima surat, apakah
itu berupa pemberitahuan, pernyataan, pertanyaan, permintaan laporan atau hal
lain. Tentunya disesuaikan dengan Jenis Surat yang kita ingin tulis.
3. Menetapkan urutan masalah yang akan
dituliskan.
4. Merumuskan pokok pembicaraan satu
persatu, runtun, logis dan teratur.
5. Menggunakan kalimat efektif.
o Sederhana : bersahaja, lugas, mudah,
tidak berbelit-belit kata maupun kalimat. Menggunakan kata-kata yanb biasa dan
lazim.
o Ringkas : tegas dan mudah dipahami.
o Jelas : tidak samar-samar, tidak
meragukan, tidak taksa, tidak menimbulkan salah paham.
o Sopan : menggunakan kata-kata yang
sopan atau halus dan kata-kata resmi (bukan kata sehari-hari)
o Menarik : membangkitkan perhatian,
tidak membosankan. Bisa dengan variasi kalimat, gaya bahasa.
6. Menghindarkan sejauh mungkin penggunaan
singkatan kata atau akronim, apa lagi singkaan yang tidak biasa atau singkatan
buatan sendiri.
7. Memperhatikan dan menguasai format atau
bentuk surat.
8. Memperhatikan dan menguasai penulisan
bagian-bagian surat.
9. Penulisan atau pengetikan yang betul,
jelas, bersih dan rapi.
10. Memperhatikan ukuran, jenis dan warna
kertas.
o Ukuran : Kwarto (21x29 cm)
o Jenis : HVS untuk lembar asli, kertas
tembus atau doorslag untuk tembusan.
o Warna : Putih (hvs) untuk lembar asli;
kuning (doorslag) untuk perbal; biru muda (doorslag) untuk tembusan intern;
merah muda (hvs) untuk surat rahasia.
11. Isi surat ringkas, jelas, akurat dan
eskplisit.
12. Menggunakan bahasa baku.
C.
Bahasa Surat
Untuk
surat yang bersifat formal seperti surat niaga, dinas atau surat lamaran kerja
atau surat yang bersifat resmi lainnya bahasa yang digunakan haruslah bahasa
Indonesia yang benar atau baku, sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia, baik
mengenai pemilihan kata, ejaan, bentuk kata, maupun kalimatnya. Selain itu,
bahasa surat haruslah efektif. Bahasa surat juga harus wajar, logis, hemat
kata, cermat dalam pemilihan kata, sopan, dan menarik. Nada surat harus hormat,
sopan dan simpatik. Sedapat mungkin hindari pemakaian bahasa asing yang
padanannya sudah ada dalam bahasa Indonesia.
Sedangkan untuk surat yang bersifat
pribadi tak memiliki ketentuan yang terlalu terikat, hanya saja tetap harus
menggunakan Bahasa yang jelas dan mudah dimengerti.
D.
Bagian Bagian Surat
Surat
pribadi
Surat
pribadi adalah surat yang digunakan untuk kepentingan pribadi. Surat dapat
berupa korespondensi antara sesama teman atau keluarga. Ciri-ciri surat pribadi
yaitu:
- Tidak menggunakan kop surat
- Tidak ada nomor surat
- Salam pembuka dan penutup
bervariasi
- Penggunaan bahasa bebas, sesuai
keinginan penulis
- Format surat bebas
Surat
Resmi
Surat
resmi adalah surat yang digunakan untuk kepentingan resmi, baik
perseorangan, instansi, maupun organisasi; misalnya undangan, surat edaran, dan
surat pemberitahuan. Ciri-ciri surat resmi.
- Menggunakan kop surat apabila
dikeluarkan organisasi
- Ada nomor surat, lampiran, dan
perihal
- Menggunakan salam pembuka dan
penutup yang lazim
- Penggunaan ragam bahasa resmi
- Menyertakan cap atau stempel
dari lembaga resmi
- Ada aturan format baku
Bagian-bagian
surat resmi:
- Kepala/kop surat
Kop
surat terdiri dari:
- Nama instansi/lembaga, ditulis
dengan huruf kapital/huruf besar.
- Alamat instansi/lembaga, ditulis
dengan variasi huruf besar dan kecil
- Logo instansi/lembaga
- Nomor surat, yakni urutan surat
yang dikirimkan
- Lampiran, berisi lembaran lain
yang disertakan selain surat
- Hal, berupa garis besar isi
surat
- Tanggal surat (penulisan di
sebelah kanan sejajar dengan nomor surat)
- Alamat yang dituju (jangan
gunakan kata kepada)
- Pembuka/salam pembuka (diakhiri
tanda koma)
- Isi surat
Uraian
isi berupa uraian hari, tanggal, waktu, tempat, dan sebagainya ditulis dengan
huruf kecil, terkecuali penulisan berdasarkan ejaan yang disempurnakan (EYD)
haruslah menyesuaikan.
- Penutup surat
Penutup
surat, berisi
- salam penutup
- jabatan
- tanda tangan
- nama (biasanya disertai nomor
induk pegawai atau NIP)
- Tembusan surat, berupa
penyertaan/pemberitahuan kepada atasan tentang adanya suatu kegiatan
SMAN
8 Bandung
Jalan Solontongan No.3 Bandung
Telp. 022-7304542 - Fax. 022-7304542
Nomor : 04/SMAN8/10/2011 Bandung, 22 Oktober 2011
Lampiran: 1 (satu)
Hal : Undangan
Yth. Orang tua siswa-siswi kelas XII
di tempat
Dengan hormat,
Yth. Orang tua siswa-siswi kelas XII
di tempat
Dengan hormat,
Untuk meningkatkan pengetahuan siswa dalam bidang pertanian dan pelajaran IPA, kami bermaksud
mengadakan kegiatan wisata ilmiah. Kegiatan tersebut merupakan kunjungan
ke laboratorium UPI.
Adapun kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada:
Tanggal : Sabtu, 5 November 2011
Tanggal : Sabtu, 5 November 2011
Pukul : 08.00 s.d. 16.30
Tempat : Laboratorium UPI
Jalan Setiabudi,
Bandung
Dengan undangan ini kami sampaikan. Atas perhatian bapak ibu, kami ucapkan terima kasih.
Hormat saya,
Dengan undangan ini kami sampaikan. Atas perhatian bapak ibu, kami ucapkan terima kasih.
Hormat saya,
Kepala Sekolah
Ttd.
Dra. Hj. Erna Ratnasih-->
Ttd.
Dra. Hj. Erna Ratnasih-->
Surat
Niaga
Surat
niaga digunakan bagi badan yang menyelenggarakan kegiatan usaha niaga seperti
industri dan usaha jasa.Surat ini sangat berguna dalam membangun hubungan
dengan pihak luar sehingga harus disusun dengan baik. Surat niaga terdiri atas
surat jual beli, kwintansi, dan perdagangan; dan dapat dibagi atas surat niaga
internal dan surat niaga eksternal. Salah satu contoh dari surat niaga
adalan surat penawaran dan surat penagihan.
Surat
Dinas
Surat
dinas digunakan untuk kepentingan pekerjaan formal seperti instansi dinas
dan tugas kantor. Surat ini penting dalam pengelolaan administrasi dalam suatu
instansi.Fungsi dari surat dinas yaitu sebagai dokumen bukti tertulis, alat
pengingat berkaitan fungsinya dengan arsip, bukti sejarah atas perkembangan
instansi, dan pedoman kerja dalam bentuk surat keputusan dan surat
instruksi. Ciri-ciri surat dinas.
- Menggunakan kop surat dan
instansi atau lembaga yang bersangkutan
- Menggunakan nomor surat,
lampiran, dan perihal
- Menggunakan salam pembuka dan
penutup yang baku
- Menggunakan bahasa baku atau
ragam resmi
- Menggunakan cap atau stempel
instansi atau kantor pembuat surat
- Format surat tertentu
Surat
Lamaran Pekerjaan
Surat lamaran kerja adalah surat yang dibuat dan dikirimkan oleh
seseorang yang ingin bekerja di sebuah kantor, perusahaan ataupun instansi
tertentu. Surat lamaran pekerjaan termasuk surat dinas atau resmi. Oleh karena
itu, terdapat aturan-aturan tertentu yang harus diperhatikan dalam penulisannya.
Secara umum surat memiliki bagian-bagian seperti berikut ini.
- Tempat dan tanggal
pembuatan surat
- Nomor surat
- Lampiran
- Hal atau perihal
- Alamat tujuan
- Salam pembuka
- Isi surat yang terbagi
lagi menjadi tiga bagian pokok yaitu :
- paragraf pembuka
- isi surat
- paragraf penutup
- Salam penutup
- Tanda tangan dan nama
terang
2.
Daftar Riwayat Hidup atau Curriculum Vitae (CV)
Apakah
itu CV?
CV
atau Resume adalah sebuah dokumen yang menjelaskan secara ringkas mengenai
siapa diri Anda, apa saja pencapaian yang telah Anda lakukan di masa lalu,
bagaimana relevansi pengalaman Anda terhadap posisi pekerjaan yang dilamar,
serta apakah Anda orang yang tepat atau tidak untuk dipilih diantara kandidat
lainnya. Intinya, CV merupakan gambaran personifikasi diri dalam tulisan yang
membentuk kesan pertama dan self branding atau bentuk pemasaran diri
atas kemampuan yang dibutuhkan dalam posisi yang diinginkan pelamar.
Untuk apa CV dibuat?
CV atau Resume bagi Perusahaan yang membuka lowongan
kerja adalah mempermudah mengevaluasi kompetensi dan bakat pelamar yang
memiliki relevansi dengan apa yang benar-benar dibutuhkan oleh perusahaan.
CV atau Resume bagi Pelamar adalah mendeskripsikan
kemampuan yang dimiliki dengan cara realistis dan sesuai dengan yang dibutuhkan
oleh perusahaan. Tingkat relevansinya tergantung dari teknik evaluasi yang
dilakukan pelamar.Dari CV tersebut, bisa diprediksi kemampuan komunikasi,
bekerjasama, konsistensi, semangat belajar, kreativitas dan kemampuan berpikir.
Bagaimana
Membuat CV yang baik, Efektif dan Menarik?
1.
Memenuhi kualifikasi dasar data data yang wajib dicantumkan pada CV,
diantaranya:
- Data Pribadi
Bagian
ini berisi nama, alamat, email, handphone dan identitas pribadi lainnya.
Sangatlah penting bagi Anda untuk selalu mencantumkan nomor kontak atau email
Anda karena itu adalah satu-satunya cara perusahaan yang merekrut bisa
menghubungi Anda kembali jika sesuai dengan kriteria yang ditetapkan.
- Pendidikan
Bagian
ini menjelaskan mengenai latar belakang pendidikan dan hubungannya dengan
pekerjaan yang dilamar.Cantumkan pendidikan dari SMU ke atas termasuk jika ada
pendidikan non formal khusus yang Anda ikuti.
- Pengalaman Kerja
Bagian
ini merupakan bagian yang paling sering diperhatikan oleh perusahaan yang
merekrut.
Pengalaman
kerja memberikan gambaran apakah seorang kandidat sudah memiliki jam terbang
yang cukup atau masih terbatas. Di bagian ini, rekruiter juga bisa menentukan
apakah kandidat dapat segera menyesuaikan diri di organisasi yang baru atau
apakah dia butuh penyesuaian yang panjang. Oleh karena itu Anda harus
menjelaskan secara detail apa yang Anda kerjakan, nama perusahaan tempat kerja
sebelumnya, posisi Anda, dan pekerjaan yang Anda lakukan sehari-hari (job
description).Informasi ini akan membantu memahami cakupan kerja yang
dilakukan, keterampilan yang dimiliki serta bisa memperkirakan nilai tambah
yang dimiliki seorang kandidat.
- Keterampilan Yang Dimiliki
Dalam
CV Anda, ada kalanya Anda perlu menjelaskan keterampilan apa saja yang Anda
miliki sebagai proses belajar maupun pengalaman dari pekerjaan sebelumnya.
Sebisa mungkin hindari penulisan keterampilan seperti : mampu berkomunikasi
dengan baik, dapat bekerja dalam tim, cepat belajar hal yang baru. Penjelasan
seperti itu tidak memberikan nilai tambah karena semua kandidat juga
melakinkukan hal yang sama. Mungkin dalam bagian ini Anda bisa menambahkan
keterampilan Anda dalam berbahasa lebih dari sau bahasa atau keterampilan dalam
menggunakan applikasi-aplikasi computer.
- Training Yang Pernah Diikuti
Masukkan
daftar pelatihan/training apa saja yang pernah Anda ikuti sebelumnya
untuk memberi gambaran sejauh mana Anda telah berkembang dan wawasan apa saja
yang sudah dimiliki. Jangan masukkan semua training karena jumlahnya akan
sangat panjang. Pilih yang relevan dan sesuai dengan target pada organisasi
yang dituju.
- Prestasi
Ini
adalah bagian yang penting disamping Pengalaman Kerja yang menjelaskan keunikan
sebagai individu sekaligus pencapaian di bidang tertentu.Anda bisa menjelaskan
secara singkat prestasi di pekerjaan, pendidikan ataupun dalam bidang
kemasyarakatan lainnya.Prestasi di bidang kemasyarakatan atau hal-hal di luar
pekerjaan juga menarik bagi seorang rekruter untuk digali lebih jauh.
- Kegiatan
Ekstrakurikuler/Kemasyarakatan
Anda
perlu memberikan sedikit gambaran kegiatan yang dilakukan di masyarakat. Ini
akan menunjukkan bahwa Anda bisa membagi waktu dan memiliki wawasan yang lebih
luas, tidak hanya sebatas pekerjaan.
2.
Sistem Kepenulisan CV yang efektif dan komunikatif
·
Sebelum Menulis,
pastikan anda mengenali dengan baik perusahaan yang anda tuju serta
posisi/pekerjaan yang anda inginkan agar dapat memenuhi kualifikasi yang
diperlukan dengan tepat.
- Rapi dan Mudah Dibaca
Pastikan
CV dalam format yang rapi dan memenuhi EYD yang tepat.Sebagai tambahan untuk
membuat CV lebih menarik dan tak monoton meski bersifat formal, di internet
terdapat beberapa situs gratis dan berbayar yang menyediakan format CV yang
unik dan menarik.
- Memberikan Informasi Lengkap
CV
atau resume yang efektif selalu memberikan informasi lengkap dan relevan kepada
orang yang membacanya, setidaknya mencakup semua yang telah Gajimu jabarkan di
poin sebelumnya. Gunakan gaya bahasa formal dan kalimat-kalimat yang sederhana
serta konsisten dalam seluruh dokumen anda. Dan tulislah CV dengan jujur dan
akurat.
- Disajikan Secara Ringkas
Jangan
bertele tele, tulislah CV dengan informasi yang padat dan tepat guna.
Penjabaran penting, tapi jika dikembangkan terlalu jauh akan riskan memuat data
yang tidak relevan dengan tujuan inti.
- Konsistensi Karir
Sudah
menjadi rahasia umum kalau satu hal ini adalah salah satu kunci penting yang
menentukan untuk dihubungi oleh pihak perusahaan menuju tahapan rekrutmen
berikutnya.Pihak perusahaan lebih memilih specialis dalam bidang tertentu untuk
mengisi posisi yang lowong.
- Karir Progresif
Ketika
Anda sudah menjadi spesialis di satu bidang, keputusan untuk menuju tahap
rekrutmen berikut biasanya akan lebih mudah diambil oleh pihak perusahaan kalau
apabila Anda menjalani karir yang progresif. Karena disinilah indikator paling
nyata apakah Anda mampu memberikan performa kerja terbaik dalam spesialisasi
yang dipilih — yang berarti pula mendapat ganjaran berupa promosi jabatan kalau
memang berprestasi.
- Achievement
Jangan
pernah ragu untuk mencantumkan pencapaian prestasi yang diukir dalam tiap
jabatan atau posisi yang ditempati sebelumnya.Inilah kesempatan terbaik untuk
menjual bukti kemampuan dan kompetensi yang sesungguhnya kepada pihak
perusahaan yang merekrut.
- Custom Made
Yang
dimaksud custom made disini adalah mengubah dan menyesuaikan
CV atau resume agar sedapat mungkin menunjukkan kepada pihak perusahaan yang
merekrut bahwa kemampuan dan kompetensi yang Anda miliki memang menyamai atau
mendekati persyaratan kerja yang dicari oleh pihak perusahaan. Meskipun ditulis
dalam Bahasa dan bentuk yang formal, usahakan mampu memasukkan nilai, kemampuan
khusus dari kepribadian kita agar perusahaan dapat “mengenali” kita dengan
lebih mudah.
·
Tuangkan “Strength
Point” Anda didalam CV sebagai “Added Value”
Jika Anda pelamar fresh graduate dan belum pernah pengalaman bekerja sama sekali, gambarkan keterlibatan Anda dalam kegiatan ekstrakurikuler diluar kegiatan akademis sekolah/kuliah. Bisa kegiatan organisasi kampus, komunitas tertentu atau kemasyarakatan. Lebih baik lagi jika ada pengalaman part-time job atau magang di perusahaan dan utamakan yang masih berhubungan dengan pekerjaan yang anda lamar.
Jika Anda pelamar fresh graduate dan belum pernah pengalaman bekerja sama sekali, gambarkan keterlibatan Anda dalam kegiatan ekstrakurikuler diluar kegiatan akademis sekolah/kuliah. Bisa kegiatan organisasi kampus, komunitas tertentu atau kemasyarakatan. Lebih baik lagi jika ada pengalaman part-time job atau magang di perusahaan dan utamakan yang masih berhubungan dengan pekerjaan yang anda lamar.
Contoh CV pribadi
catatan: Pembuatan CV pribadi ini memakai template yang disediakan Microsoft Publisher. Umumnya template yang disediakan Publisher memang berkesan simple dan sangat formal, makanya kalau ingin template yang lebih unik dan menarik sebaiknya mengunduh dari web yang menyediakannya di internet, salah satu web yang saya temukan menyediakan custom template secara gratis ialah disini. awalnbya penulis ingin memakai salah satu template dari web ini juga, tapi karena sulit diubah ke JPG niat itu diurungkan :)
Semoga bermanfaat :)
Sumber
http://www.zonasiswa.com/2014/01/jenis-jenis-surat-lengkap.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Surat
http://arsipsuratku.blogspot.com/2013/10/syarat-penulisan-surat-yang-baik.html
http://www.tribunnews.com/lifestyle/2014/07/14/cara-menulis-cv-menarik-demi-pekerjaan-idaman
http://www.gajimu.com/main/tips-karir/kiat-pekerja/curriculum-vitae-resume-yang-efektif-dan-menarik
thanks udah berkunjung gan (:
BalasHapus