TUGAS SOFTSKILL 1
PSIKOLOGI MANAJEMEN
I. Psikologi Manajemen
I. Psikologi Manajemen
a.
Pengertian Psikologi manajemen
Psikologi
manajemen adalah psikologi yang mempelajari tentang tata cara mengelola
sumberdaya manusia dalam organisasi.
b.
Pengertian Manajemen
Menurut
George R. Terry manajemen dilakukan untuk melakukan pencapaian tujuan dalam
organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya dengan mempergunakan bantuan orang
lain.
Menurut
John M. Pfifner manajemen berhubungan dengan pengarahan orang dan tugas –
tugasnya untuk untuk mencapai tugas yang telah ditetapkan
Menurut
Stoner dan Freeman manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian,
pemimpinan, dan pengendalian upaya dan proses penggunaan lain semua sumber daya
organisasi untuk tercapainya tujuan organisasi yang telah direncanakan.
c. Fungsi
Manajemen
Ada 5 fungsi
utama dalam manajemen menurut Paul Hersey dan Kenneth H. Blanchard :
1. Perencanaan (Planning)
Perencanaan
tujuan dalam jangka waktu tertentu.
2. Pengorganisasian
(Organizing)
Proses pembagian
kerja pada setiap anggota organisasi yang dilakukan dengan sistematis dan
kondusif.
3. Pengarahan (Actuating/Directing)
Instruksi
atau arahan yang diberikan atasan pada bawahan di organisasi untuk mencapai
tujuan bersama.
4. Pemotivasian
Inspirasi
dan semangat yang diberikan pada anggota organsasi agar kegiatan tetap berjalan
dengan baik.
5. Pengawasan (Controlling)
Kegiatan
yang dilakukan untuk memastikan bahwa suatu pekerjaan dilakukan dengan baik dan
sesuai rencana, jika tak sesuai akan segera diadakan tindakan perbaikan (corrective
action).
II. Perencanaan / Planning
a.
Pengertian
Louis A.
Allen merumuskan perencanaan adalah penentuan serangkaian tindakan untuk
mencapai hasil yang diinginkan
Beishline
merumuskan perencanaan menentukan apa yang harus dicapai (penentuan waktu
secara kualitatif), dan bila itu harus dicapai, dimana hal itu harus dicapai,
bagaimana hal itu harus dicapai dan siapa yang bertanggung jawab, dan mengapa
hal itu harus dicapai.
Koontz dan
O’Donnel merumuskan bahwa perencanaan adalah fungsi seorang manajer yang
berhubugan dengan pilihan dari berbagaialternatif dan tujuan, kebijaksanaan,
prosedur dan program.
b.
Langkah Langkah dalam Menyusun Planning
1. Menetapkan
tugas dan tujuan
Tugas dan tujuan akan
menjadi landasan dasar bagi pembentukan rencana dan pelaksanaan kegiatan yang
baik.
2. Mengobservasi
dan menganalisis
Penetapan factor factor
apa yang yang dapat digunakan dengan baik dan efektif untuk melaksanakn suatu
tujuan tersebut
3. Memperkirakan
berbagai kemungkinan
4. Membuat
sintesis
Memilih faktor yang
paling baik dan bisa digunakan adari beberapa kemungkinan yang ada
5. Menyusun
rencana
c.
Manfaat Planning dalam Manajemen
1. Memberi arahan
dan tujuan dalam organisasi
2. Perencanaan
dapat digunakan dalam mengurangi ketidakpastian dan perubahan yang mungkin
terjadi dalam prses pelaksanaan kegiatan
3. Menjaga agar
aktivitas tetap berjakan dengan baik dan teratur
4. Perencanaan
sebagai dasar dari fungsi pengawasan
5. Merupakan
visualisasi dari keseluruhan kegiatan yang akan atau sedang berlangsung
6. Perencanaan
yang rapi membuahkan prestasi organisasi dalam pelaksanaan kegiatan
7. Memaksimalkan
pemakaian fasilitas yang tersedia dan digunakan
8. Perencanaan
melancarkan koordinasi antar bidang dalam organisasi
d. Jenis
Jenis Rencana dalam Organisasi
a) Rencana menurut
Horizon waktu
i)
Jangka waktu pendek (kurang dari satu tahun)
ii) Jangka menengah
(1-2 tahun)
iii) Jangka panjang
(3 tahun atau lebih)
b) Rencana Menurut
Subyeknya
i)
Rencana produksi
ii) Rencana
finansiaL
iii) Rencana tenaga
kerja
iv) Dan lain lain
c) Rencana menurut
ruang lingkupnya
i)
Strategic Plan (Rencana Strategis), rencana jangka panjang
organisasi yang komprehensif
ii) Operational
Plan (Rencana
Operasional), adalah rencana yang ditunjukan pada aktivitas tertentu saja dan
merupakan penerapan dari rencana strategis
d) Rencana Menurut
Penggunaannya
i)
Standing Plan, yaitu rencana yang digunakan berulang ulang
seperti kebijakan organisasional, prosedur umum dan peraturan organisasi
ii) Single-use
Plan, yaitu rencana
yang hanya digunakan dalam satu waktu tertentu seperti budget, project
schedule (jadwal kegiatan acara), dan Program.
e) Rencana menurut
unit organisasi
i)
Rencana perusahaan
ii) Rencana divisi
iii) Rencana
departemen
iv) Rencana proyek
Daftar
Pustaka:
Leavitt, J.H., 1992 Psikologi Manajemen,
Alih Bahasa Zarkasi, M., Jakarta: Penerbit ErlanggaSiswanto, H.B., 2009. Pengantar Manajemen. Jakarta
: Bumi AksaraSunyoto, Danang. 2012. Manajemen Sumber Daya
Manusia. Yogyakarta : Center for Academic PublishingWilujeng, Sri. 2007. Pengantar Manajemen. Yogyakarta
: Graha Ilmu
Komentar
Posting Komentar