TUGAS SOFTSKILL 1

PSIKOLOGI MANAJEMEN

I. Psikologi  Manajemen
a. Pengertian Psikologi manajemen
Psikologi manajemen adalah psikologi yang mempelajari tentang tata cara mengelola sumberdaya manusia dalam organisasi.
b. Pengertian Manajemen
Menurut George R. Terry manajemen dilakukan untuk melakukan pencapaian tujuan dalam organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya dengan mempergunakan bantuan orang lain.
Menurut John M. Pfifner manajemen berhubungan dengan pengarahan orang dan tugas – tugasnya untuk untuk mencapai tugas yang telah ditetapkan
Menurut Stoner dan Freeman manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pemimpinan, dan pengendalian upaya dan proses penggunaan lain semua sumber daya organisasi untuk tercapainya tujuan organisasi yang telah direncanakan.
c. Fungsi Manajemen
Ada 5 fungsi utama dalam manajemen menurut Paul Hersey dan Kenneth H. Blanchard :
1.    Perencanaan (Planning)
Perencanaan tujuan dalam jangka waktu tertentu.
2.    Pengorganisasian (Organizing)
Proses pembagian kerja pada setiap anggota organisasi yang dilakukan dengan sistematis dan kondusif.
3.    Pengarahan (Actuating/Directing)
Instruksi atau arahan yang diberikan atasan pada bawahan di organisasi untuk mencapai tujuan bersama.
4.    Pemotivasian
Inspirasi dan semangat yang diberikan pada anggota organsasi agar kegiatan tetap berjalan dengan baik.
5.    Pengawasan (Controlling)
Kegiatan yang dilakukan untuk memastikan bahwa suatu pekerjaan dilakukan dengan baik dan sesuai rencana, jika tak sesuai akan segera diadakan tindakan perbaikan (corrective action).

II. Perencanaan / Planning
a. Pengertian
Louis A. Allen merumuskan perencanaan adalah penentuan serangkaian tindakan untuk mencapai hasil yang diinginkan
Beishline merumuskan perencanaan menentukan apa yang harus dicapai (penentuan waktu secara kualitatif), dan bila itu harus dicapai, dimana hal itu harus dicapai, bagaimana hal itu harus dicapai dan siapa yang bertanggung jawab, dan mengapa hal itu harus dicapai.
Koontz dan O’Donnel merumuskan bahwa perencanaan adalah fungsi seorang manajer yang berhubugan dengan pilihan dari berbagaialternatif dan tujuan, kebijaksanaan, prosedur dan program.
b. Langkah Langkah dalam Menyusun Planning
1.    Menetapkan tugas dan tujuan
Tugas dan tujuan akan menjadi landasan dasar bagi pembentukan rencana dan pelaksanaan kegiatan yang baik.
2.    Mengobservasi dan menganalisis
Penetapan factor factor apa yang yang dapat digunakan dengan baik dan efektif untuk melaksanakn suatu tujuan tersebut
3.    Memperkirakan berbagai kemungkinan
4.    Membuat sintesis
Memilih faktor yang paling baik dan bisa digunakan adari beberapa kemungkinan yang ada
5.    Menyusun rencana
c. Manfaat Planning dalam Manajemen
1.    Memberi arahan dan tujuan dalam organisasi
2.    Perencanaan dapat digunakan dalam mengurangi ketidakpastian dan perubahan yang mungkin terjadi dalam prses pelaksanaan kegiatan
3.    Menjaga agar aktivitas tetap berjakan dengan baik dan teratur
4.    Perencanaan sebagai dasar dari fungsi pengawasan
5.    Merupakan visualisasi dari keseluruhan kegiatan yang akan atau sedang berlangsung
6.    Perencanaan yang rapi membuahkan prestasi organisasi dalam pelaksanaan kegiatan
7.    Memaksimalkan pemakaian fasilitas yang tersedia dan digunakan
8.    Perencanaan melancarkan koordinasi antar bidang dalam organisasi
d. Jenis Jenis Rencana dalam Organisasi
a)      Rencana menurut Horizon waktu
i)        Jangka waktu pendek (kurang dari satu tahun)
ii)       Jangka menengah (1-2 tahun)
iii)     Jangka panjang (3 tahun atau lebih)
b)      Rencana Menurut Subyeknya
i)        Rencana produksi
ii)       Rencana finansiaL
iii)     Rencana tenaga kerja
iv)     Dan lain lain
c)       Rencana menurut ruang lingkupnya
i)        Strategic Plan (Rencana Strategis), rencana jangka panjang organisasi yang komprehensif
ii)       Operational Plan (Rencana Operasional), adalah rencana yang ditunjukan pada aktivitas tertentu saja dan merupakan penerapan dari rencana strategis
d)      Rencana Menurut Penggunaannya
i)        Standing Plan, yaitu rencana yang digunakan berulang ulang seperti kebijakan organisasional, prosedur umum dan peraturan organisasi
ii)       Single-use Plan, yaitu rencana yang hanya digunakan dalam satu waktu tertentu seperti budget, project schedule (jadwal kegiatan acara), dan Program.
e)      Rencana menurut unit organisasi
i)        Rencana perusahaan
ii)       Rencana divisi
iii)     Rencana departemen
iv)     Rencana proyek



Daftar Pustaka:
Leavitt, J.H., 1992 Psikologi Manajemen, Alih Bahasa Zarkasi, M., Jakarta: Penerbit ErlanggaSiswanto, H.B., 2009. Pengantar Manajemen. Jakarta : Bumi AksaraSunyoto, Danang. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : Center for Academic  PublishingWilujeng, Sri. 2007. Pengantar Manajemen. Yogyakarta : Graha Ilmu

Komentar

Postingan Populer